Media Sosial

Tips Membangun Brand Awareness dan Menumbuhkan Jumlah Followers Instagram

Membangun Brand Awareness di Instagram

LAB Digital – Ada lebih dari 630 juta pengguna Instagram di Indonesia menurut versi Statistika pada Januari 2020. Tak heran, platform Instagram kemudian melejit dan dimanfaatkan banyak kalangan bisnis dalam melakukan pemasaran produk dan jasa.

Apalagi, kemudahan instagram untuk menghitung return of investment (ROI) membuat para pemain marketing memilih platform ini untuk melakukan
promosi. Namun, kamu harus mengetahui definisi dasar dalam merencanakan strategi marketing melalui instagram.

Dengan pengguna yang semakin berkembang dari waktu ke waktu, instagram terus memperbarui dan meng-upgrade fitur-fitur agar semakin menarik dan memikat pengguna baru.

Bahkan, kini Instagram menjadi aplikasi wajib digunakan para marketer dan pelaku bisnis sebagai media pemasaran. Lalu, bagaimana caranya memanfaatkan media sosial untuk berjualan produk-produk kita?

Apakah cukup dengan menggunakan konten berupa foto dan video? Atau caption singkat dan tema yang interaktif? Rupanya, ada rahasia strategi marketing untuk meningkatkan penjualan melalui instagram yang perlu kamu ketahui. Berikut, simak yuk!

Membangun Brand Awareness di Instagram

1. Pahami dari Mana Audiens Datang

Dengan memahami bagaimana audiens, kita bisa menemukan dan akhirnya mengikuti akun instagram ada dua metode yang bisa kita lakukan

  • Direct Visit, audien secara langsung melakukan pencarian dan mengunjungi akun brand.
  • Shared Content, ulasan yang diberikan oleh konsumen.

2. Ciptakan Komunitas Melalui Hastage

Di Instagram hastag memiliki peran penting seperti hal nya SEO dalam dunia blogging. Fungsinya adalah menjangkau audiens secara luas. Dengan mencantum hashtag memungkinkan postingan kita menjangkau banyak orang dibanding tidak menyertakan hastag.

3. Pilih subjek yang akan ditampilkan

Tentukan konten yang ingin anda jadikan fokus saat berjualan. JIka menjual baju, foto-foto yang digunakan harus fokus pada baju yang menjadi produk unggulan.

Selanjutnya, biar postingan instagram tidak monoton itu-itu saja, tak ada salah nya kamu upload juga “behind the scene” suasana kantor kamu. Jadi, audiens bisa merasakan semangat dan lebih dekat dengan brand kamu.

4. Jangan Anggap Remeh Caption

Visual yang memukau, tapi caption biasa-biasa aja? Jangan terlalu banyak berharap kalau dagangan berjalan dengan lancar. Kamu masih memerlukan caption untuk memberikan peluang orang lain untuk menceritakan bisnis kamu sehingga konsep atau isi pesan bisa tersampaikan dengan baik.

5. Gunakan Foto dan Video Album

Sekarang instagram sudah bisa post lebih dari satu (album). Jadi, manfaatkan kesempatan ini untuk menambah foto dan video. Audiens tinggal menggeser postingan untuk melihat jenis-jenis barang.

Baca juga: Tips Email Marketing untuk Menarik Pelanggan

6. Instagram Story

Rata-rata instagram mengumpulkan 250 juta pengguna harian yangmmenggunakan instagram story untuk mempromosikan brand. Instagram story dapat menjadi fitur sempurna untuk mempromosikan produk.

7. Kesesuaian dengan Tren Bisnis dan Followers

Konten yang dibuat harus ditujukan kepada followers dan menyesuai dengan target audiens. Setelah itu tentukan foto atau video untuk menjadikan bahan postingan yang disajikan kepada konsumen.

8. Interaksi dengan Customer Sebagai Bentuk Engagement

Dengan memulai media sosial instagram, berarti kamu mulai sadar akan pentingnya brand awareness sehingga membantu perkembangan bisnis kamu. Nah, cara yang paling tepat adalah berinteraksi dengan konsumen melalui instagram agar dapat meningkatkan engagement.

9. Bekerjasama Dengan Influencer

Berkolaborasi lah dengan selebgram atau influencer agar instagram untuk membangun image produk. Berilah mereka “do” &“don’t” agar tidak salah fokus untuk item produk mu. Setelah selesai, jangan lupa untuk meminta report hasil postingan instagram.

10. Waktu Posting

Tentukan waktu posting agar follower tidak menunggu update kamu. Cara menentukan waktu yang pas saat posting adalah dengan melihat engagement yang paling tinggi. Engagement merupakan like, komentar yang paling banyak diberikan followers terhadap postinganmu.

Kesimpulan

Dengan puluhan juta sebagai pengguna yang aktif setiap bulannya, kekuatan dan jangkauan instagram tidak bisa dilewatkan. Instagram memang memulai sebagai aplikasi foto sederhana, namun sekarang mengalami banyak perubahan inovatif. Jadi, sangat ideal untuk memasarkan bisnis kamu.

Penting untuk kamu catat bahwa followers Instagram menghargai konten yang berkualitas dan memberikan informasi menarik. Nah, untuk memenuhi
kebutuhan konten Instagram yang membangun brand awareness sekaligus melejitkan jumlah followers, percayakan pada tim LAB Digital, spesialis di bidang digital marketing.

Yuk, diskusikan ide dan strategi digital marketing kamu via Whatsapp: 081214789786 atau klik website LAB Digital untuk info selengkapnya.

Tulisan Lainnya: Keuntungan Promosi di Situs Iklan Gratis 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *