Email Marketing Marketing

Tips Email Marketing untuk Menarik Pelanggan

LAB Digital – Menjalankan bisnis tak pernah lepas dari kegiatan marketing atau pemasaran. Sebab, marketing adalah bagian dari kegiatan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen. Mulai dari membuat produk, menentukan harga, tempat berjualan dan cara berpromosi agar tepat sasaran.

Kegiatan marketing pun beragam. Misalnya saja, direct sales, promosi lewat social media, memasang iklan hingga email marketing. Bagi yang masih merintis bisnis dan melakukan kegiatan marketing, memanfaatkan email marketing bisa menjadi opsi promosi yang hemat dan mudah.

Berikut beberapa cara melakukan email marketing yang tepat agar menarik pelanggan untuk membeli produk kita.

Manfaat Email Marketing

1. Meningkatkan Keterlibatan Konsumen

Konsumen adalah aset yang harus dijaga dalam keterlibatan. Dengan begitu, konsumen akan tetap setia untuk menggunakan produk bisnis yang ditawarkan. Bahkan, konsumen yang loyal akan secara gratis mempromosikan kepada kerabat, teman maupun saudara.

2. Menjaga hubungan baik dengan pelanggan

Dengan menggunakan email marketing kita bisa menjangkau pelanggan lebih personal. Misalnya, dengan mengucapkan hari ulang tahun, memberitahu produk baru, diskon yang sedang berlangsung di bisnis kita. Apalagi dengan email marketing kita bisa mengirimnya secara massal

3. Menjangkau pelanggan Non-aktif

Email marketing menjangkau pelanggan yang belum pernah membeli atau jarang melakukan pembelian. Sehingga, mereka merasa tetap diperhatikan walaupun jarang melakukan pembelian serta bisa mengingatkan mereka tentang keberadaan bisnis kita.

Baca Juga : Keuntungan Promosi di Situs Iklan Gratis Paling Banyak Dikunjungi

Ide Email Marketing yang bisa digunakan

1. Email Marketing Sebagai Pengingat Promo yang sedang Berlangsung

Pengingat promo sedang berlangsung adalah cara yang efektif untuk menggaet perhatian lebih banyak pelanggan. Sebab, cara ini efektif untuk menjangkau pelanggan yang cenderung lupa atau sedang menunggu promosi hingga detik detik terakhir setelah mengumpulkan uang

2. Edukasi Produk kepada Pelanggan

Meskipun produk memiliki kualitas yang baik, tidak menutup kemungkinan banyak pelanggan atau pengguna kurang memahami produk yang mereka beli. Jadi, tak ada salahnya kamu mengedukasi produk melalui email marketing.

3. Survei Kepuasaan Pelanggan

Melalui email marketing kamu juga bisa menilai kepuasan pelanggan dari email yang kamu kirim sehingga mendapatkan feedback terkait produk atau layanan yang dipasarkan. Dengan meminta pendapat pelanggan akan menambah pengetahuan sehingga mampu memperbaiki kualitas dan fitur baru di tengah kebutuhan pasar. Dan jangan lupa kasih reward saat menjalan survey ini agar konsumen tertarik dengan konten yang kirim.

4. Informasi perkembangan bisnis

Selain produk, kamu juga bisa menginformasikan fitur terbaru dari perkembangan bisnis perusahaan agar konsumen tahu dan lebih percaya ketika menggunakan jasa. Misalnya penambahan metode pembayaran terbaru & keuntungan membeli produk di perusahaan kita.

5. Email Marketing Berisi Ucapan Selamat Datang

Membuat konten email marketing dengan mengirim pesan atau ucapan selamat datang saat mendaftarkan email ke layanan bisnis mampu membuat konsumen tersentuh karena menciptakan kesan baik. Jangan lupa pula selipkan reward dan cara pemesanan melalui website bisnismu.

6. Buatlah Email Marketing Sesingkat Mungkin

Strategi promosi yang tepat dalam membuat email marketing adalah membuat konten yang singkat dan jelas agar dapat dipahami oleh audiens dengan tepat karena rata-rata audien menggunakan 51 detik untuk membaca sebuah email promosi. Lalu buat email marketing yang mobile friendly karena kebanyakan audien membaca dalam keadaan mobile artinya audiens hanya membaca sekilas saja. Jika kamu menginformasikan tidak padat maka pesan dari email marketing akan sulit tersampaikan. Gunakan bullet points agar lebih cepat, tepat dan singkat.

Memahami email marketing dan strategi melakukan email marketing dapat membuat produk dipasarkan secara tepat. Selain itu, email juga mampu menjangkau banyak pelanggan hanya sekali kirim serta biaya yang terjangkau. Jadi, tunggu apalagi segera aplikasikan email marketing untuk mengembangkan bisnis Anda saat ini.

Butuh bantuan tentang strategi email marketing yang ampuh untuk berjualan atau menarik pelanggan? LAB Digital siap membantu kamu! Kontak kami via Whatsapp: 081214789786 untuk info selengkapnya, ya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *