Marketing Media Sosial

Rahasia Jualan Laris di Facebook, Begini Caranya Agar Bikin Konten Menarik Audiens

Rahasia Jualan Laris di Facebook

LAB Digital – Media sosial untuk kalangan bisnis sudah melekat, banyak UMKM ataupun pengusaha bahkan publik figur yang memulai Facebook Pages mulai menjamah media sosial ini. Karena kecepatannya dalam penyebaran info produk ataupun jasa yang kamu tawarkan. Bahkan penyebaran informasi menjangkau multinasional. Jadi tak ada salahnya anda memanfaatkan platform ini.

Tips Jualan Laris di Facebook

Sebagai platform media sosial dengan pengguna terbesar di Indonesia, ada baiknya kamu mengetahui cara jualan online laris di Facebook Pages. Dengan begitu, tingkat pemasaran bisa lebih maksimal dengan biaya minimal. Berikut cara jualan di halaman Facebook yang bisa kamu terapkan :

  1. Nama dan Kategori Facebook Pages
    Yang pertama kali harus kamu lakukan adalah mengisi nama dan Kategori Facebook Page, baiknya mengisi nama Facebook page dengan nama bisnismu. Ini juga berlaku untuk kategori bisnis. Misalnya kamu menjual baju maka masukkan Kategori bisnis kamu ke bagian Fashion.
  2. Gunakan Profile Picture
    Saat memasukkan profil picture (foto profil) untuk Facebook Pages kamu sebaiknya menggunakan logo bisnis atau foto dengan ukuran 170 x 170 pixel (4.5 x 4.5 cm)
  3. Gunakan Foto Sampul
    Jangan lupa pasang foto sampul pada Facebook Pages bisnis kamu. Misalnya foto perusahaan, foto produk atau portofolio bisnis. Pastikan foto dengan ukuran 820 x 312 pixel (21.7 x 8.25 cm)
  4. Lengkapi Informasi Mengenai Bisnis Kamu
    Agar calon klien mengenali & mengerti bisnis kamu, maka lengkapi informasi tentang bisnis. Dengan informasi yang lengkap, dapat membuat klien menjadi tertarik untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Dan pastikan juga kamu melengkapi informasi umum tentang bisnis seperti nama perusahaan, informasi kontak & lainnya.

Baca juga: Cara Buat Google Bisnisku

Cara Membuat Konten Atraktif di Facebook

Nah setelah semua dilakukan, kini saatnya kamu menambah beberapa konten agar klien tertarik dengan produk yang jual. Untuk awalnya kamu bisa memberikan 5 status awal ke Facebook Page.

  1. Gambar
    Gunakan gambar yang menarik agar banyak menyukai Pages bisnis kamu.
  2. Berbagi Link
    Kalau bisnis kamu punya konten yang menarik dan itu buatan kamu sendiri, maka tautkan link ke halaman blog. Kalau belum punya blog, maka tautkan artikel dengan situs internet lainnya. Karena langkah tersebut bisa menambah pengunjung halaman Facebook page kamu.
  3. Quote
    Kamu bisa memberikan status berupa kata-kata bijak atau quotes agar mampu memberi pengaruh baik.
  4. Berbagi sumber Niche market
    Selain menambah pengunjung Facebook page kamu, berbagi link juga bisa menambah Niche market kamu apalagi kalau bisnis yang kamu memiliki kesamaan.
  5. Memberikan Diskon Tinggi
    Promosi yang paling handal adalah dengan memberikan diskon untuk produk kamu sebagai langkah memperkenalkan produk ataupun bisnis.
  6. Menambahkan teman tertarget
    Mencari teman yang memiliki ketertarikan dengan produk yang kamu jual. Kamu bisa menambahkan teman-teman SD, SMP, SMA atau pun teman kuliah kamu.

Untuk mempermudah langkah pertemanan kamu adalah menambahkan orang- orang yang menyukai fanpage produk yang kamu jual. Dan ingat jangan sampai menambahkan 30 orang lebih per hari karena dapat di-banned.

  1. Manajemen Pertemanan
    Kalau fanpage yang kamu kelola menjadi satu dengan Facebook pribadi. Maka saat update status, untuk urusan privat sebaiknya jangan di-share.
  2. Update status yang kreatif
    Saat update Facebook lebih baik jangan berjualan saja. Posting juga kegiatan sehari-hari, gambar/video yang lucu-lucu. Sebaiknya lakukan soft selling yang lebih banyak dibanding hard selling.
  3. Berinteraksi dengan audience
    Algoritma Facebook akan menghitung seberapa aktif interaksi yang di-update.
  4. Foto, Video dan Testimoni
    Karena Facebook banyak sekali penipu maka tak ada salahnya memberikan bukti berupa testimoni agar bisa terpercaya. Membangun kepercayaan antara penjual dan pembeli dengan menjajakan produk melalui gambar, foto hingga screenshot.

Nah, sekarang giliran kamu mengaplikasikan tips-tips menggunakan Facebook untuk Jualan. Butuh bantuan untuk memaksimalkan cara berjualan online di Facebook dan Instagram agar makin laris? Tim LAB Digital siap membantu. Hubungi kami melalui kontak WA : 081214789786 hari ini!

Tulisan menarik lainnya: Tips Membangun Brand Awareness

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *