Google Marketing

Cara Promosi di Google Gratis! Gunakan Google Bisnisku Sebagai Alat Promosi

Cara Promosi di Google

LAB Digital – Berjualan di era digital seperti saat ini harus pandai-pandai mengatur alat yang digunakan sebagai bahan promosi bisnismu. Karena manfaat dari marketing digital pun meraih banyak keuntungan selain audiens yang melimpah dan dapat menjangkau semua kalangan dengan mudah.

Lantas, bagaimana cara memanfaatkan Google Bisnis secara optimal? Terlebih lagi, sekarang hampir semua orang mencari sesuatu yang baru lewat internet. Untuk mendapatkan jumlah pelanggan secara gratis dan mudah dilakukan adalah dengan mengoptimalkan Google Bisnisku. Nah, berikut beberapa cara mengoptimalkan Google Bisnisku :

Cara Optimalkan Google Bisnisku

  1. Verifikasi Listingan
    Listingan merupakan tempat atau beranda dimana kamu bisa menempatkan foto toko kamu didalam Google Bisnis. Nah sebelum merapikan listingan kamu ada baiknya kamu memperoleh tanda verifikasi listingan produk terlebih dahulu agar klien percaya dengan kualitas & produk yang ditawarkan.
  2. Lengkapi Informasi Bisnis
    Agar mendapatkan optimasi listingan Google Bisnisku, maka kamu harus melengkapi semua informasi bisnis. Semakin menarik listingan kamu maka semakin mudah pelanggan menemukan bisnis.
  3. Melakukan Maintenance
    Verifikasi dan melengkapi informasi bisnis sudah kamu lakukan, maka selanjutnya memonitor kinerja listingan agar tidak kalah bersaing. Kamu bisa menggunakan fitur yang disediakan google untuk menjaga listingan tetap update.
  4. Update Postingan Secara Berkala
    Kamu bisa memposting foto pada listingan bisnis tiap hari ataupun secara berkala agar terjaga informasi dari listingan bisnismu
  5. Lokasi yang Akurat
    Dengan mencantumkan lokasi yang akurat pada Google bisa membantu pelanggan menemukan lokasi bisnismu. Terlebih lagi, Google berperan dalam menentukan mana profil yang harus ditampilkan kepada user. Lokasi juga menentukan orang yang mencari rekomendasi tempat walaupun kamu tidak berada di lokasi.
  6. Nama Bisnis yang Mudah Diingat
    Cara kerja Google Bisnisku dan mesin pencarian hampir sama, mereka selalu mencari profil bisnis dan menampilkan kepada user kemudian dilanjutkan dengan ulasan, review, rating. Tentunya Google Bisnisku tidak terlalu rumit untuk melakukan pencarian seperti mesin pencari lainnya. Dan yang paling penting adalah memasukkan keyword & kategori produk agar mudah dicari.

Cara Membuat Google Bisnisku

  1. Buka Situs Google Bisnisku
    Buka browser atau situs resmi Google Bisnisku di www.google.com/Business/ lalu pilih login pada sudut kanan dan gunakan akun Google kemudian masukkan nama bisnis.
  2. Masukkan Alamat Bisnis
    Setelah melengkapi alamat bisnis, anda akan diminta untuk menempatkan penanda lokasi di Google Maps agar konsumen dapat mengunjungi bisnis lokasi anda.

Namun bila bisnis kamu belum memiliki lokasi fisik, kamu bisa memasukkan area layanan sebagai gantinya

  1. Masukkan Kategori Bisnis
    Pilih kategori bisnis yang sesuai dengan usaha kamu. Misalnya mengelola toko baju, maka pilih kategori fashion. Dengan mencantumkan kategori dalam Google Bisnisku akan memudah konsumen untuk menemukan bisnis kamu.
  2. Detail Kontak
    Pastikan anda memasukkan detail Kontak yang ditunjukkan kepada pelanggan. Data kontak sebaiknya menggunakan nomor telepon atau ponsel yang bisa dihubungi. Masukkan URL situs bisnis yang didaftarkan. Kalau bisnismu masih belum mempunyai website, google juga menyediakan jasa.
  3. Pilih Opsi Verifikasi
    Untuk menghindari pihak tidak bertanggung jawab yang menyalahgunakan informasi terkait bisnis, kamu akan dimintai verifikasi. Verifikasi Google Bisnisku cukup mudah, hanya saja kamu harus mengisi informasi dengan lengkap dan benar. Isi nama penerima surat setelah itu klik Kirim Kartu Pos dalam opsi verifikasi. Tunggu surat dari Google ke alamat yang sudah dimasukkan. Dan pastikan anda mengisi informasi dengan benar karena informasi yang ditulis tidak dapat diubah kembali. Lalu bagaimana kalau informasi yang tercantum salah, anda dapat mengeditnya sebelum melakukan verifikasi dengan membuka Menu dan klik Kelola Lokasi pada Google Bisnisku.
  4. Verifikasi Google Bisnisku
    Sudah mendapatkan surat dari Google, langkah selanjutnya memasukkan kode verifikasi yang bisa kamu temukan dalam surat. Buka akun Google Bisnisku lalu pilih menu verifikasi lokasi.
  5. Edit Google Bisnisku
    Kamu bisa melengkapi, mengedit informasi tambahan tentang bisnis setelah proses verifikasi. Informasi yang dapat kamu tambahkan antara lain deskripsi bisnis, foto, jam operasional, fasilitas dan menu.

Meski kadang terdengar mudah dan sepele, pemasaran digital yang sukses tak bisa diraih dalam semalam. Faktanya, kamu juga butuh strategi yang jitu dan media promosi yang tepat agar bisa menyasar target pembeli yang efektif. Jangan khawatir, di LAB Digital Indonesia, pemasaran digital adalah spesialisasi dan keahlian kami. Kontak tim kami melalui Whatsapp 081214789786 hari ini dan bersiap meningkatkan pemasaran bisnis kamu ke level selanjutnya.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *